4 September 1998: Berdirinya Perusahaan Google oleh Larry Page dan Sargey Brin

04/09/2023

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998.

Kisah Google dimulai pada tahun 1995 di Universitas Stanford. Saat itu, Larry Page sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan studinya ke jenjang pascasarjana di Stanford, dan bertemu dengan seorang yang bernama Sergey Brin, seorang mahasiswa di sana.

Mereka memulai menyusun google berawal ketika Larry Page sedang menyusun disertasinya. Ia ingin meng-explore properti matematika pada World Wide Web. Fokus penelitian Larry mengarah ke skema backlink. Brin kemudian ikut membantu penelitian Larry. Proyek penelitian mereka berdua bernama “Backrub”. 

Setelah itu mereka juga mengembangkan algoritma PageRank. Algoritma ini akan mengukur seberapa penting suatu web berdasarkan data backlink-nya. Web crawler dari Backrub-lah yang akan mengumpulkan data backlink tersebut.

Mereka berdua kemudian menyadari bahwa algoritma tersebut bisa diimplementasikan untuk membangun search engine yang lebih superior.

Perusahaan Google dimulai dari langkah kecil yang menjadi besar. Di tahun 1998, Larry dan Brin sangat optimis bahwa proyek ini bisa menjadi sesuatu yang besar. 

Mereka berdua kemudian mengumpulkan investasi dana dari keluarga dan teman-temannya. Uang tersebut mereka gunakan untuk menyewa suatu garasi. 

Mereka berdua mendaftarkan Google Inc. sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Sebagai pemilik Google, Larry mengangkat dirinya sendiri menjadi CEO dan Brin menjadi Presiden Google Inc.

Akhir tahun 1998, keunggulan Google sebagai mesin pencari sudah mulai terasa oleh khalayak. Meski masih berstatus “beta” , beberapa artikel menuliskan bahwa teknologi Google lebih baik dari berbagai portal pendahulunya, misalnya Yahoo, Netscape, Excite, AOL, MSN, dan lainnya.

Setelah semakin berkembang, mereka memutuskan untuk meninggalkan garasi di Menlo Park, California tersebut pada tahun 1999. Hingga saat ini, garasi tempat berdirinya Google masih sangat terkenal dan jadi tempat ikonik. Kantor Google mereka pindahkan ke Palo Alto, tepatnya di  165 University Avenue.

Tahun 2015, Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk melakukan restrukturisasi pada Google. Melansir Biography, kedua pendiri Google ini kemudian mendirikan sebuah perusahaan baru yang lebih besar bernama Alphabet. 

Alphabet dijadikan sebagai perusahaan dengan kedudukan yang lebih tinggi. Ia menjadi induk perusahaan Google dan sejumlah perusahaan besar lainnya. 

Setelah restrukturiasi itu, keduanya pindah ke Alphabet, sementara pimpinan Google dipercayakan kepada Sundar Pichai. Kini, Pichai menjabat sebagai CEO Google sekaligus Alphabet.

Larry Page 

Lawrence Edward Larry Page lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973. Page memulai pendidikan tingkat dasarnya di sekolah Montessori, dan kemudian melanjutkan ke sekolah menengah East Lansing. Setelah lulus, Page memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi, yakni ke jenjang Sarjana di Universitas Michigan.

Page akhirnya mendapatkan gelar Sarjana atau Bachelor of Science di bidang teknik dari Universitas Michigan. Dia adalah seorang siswa berprestasi di Universitas Michigan. 

Setelah lulus, ia memulai studi pasca-sarjana di bidang ilmu komputer di Stanford University di Palo Alto, California. Di sanalah dia pertama kali melakukan proyek penelitian dengan menganalisis pola hubungan antara situs yang berbeda di World Wide Web.

Orang tuanya, Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di kampus yang sama.

Sargey Brin 

Sergey Mikhailovich Brin lahir di Moscow, Soviet Union, 21 Agustus 1973 adalah seorang pengusaha Amerika. Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page. Brin adalah presiden teknologi pada Google dan mempunyai net worth perkiraan pada $18.7 miliar, yang membuatnya menjadi orang nomor 26 terkaya di dunia.

Sergey Brin lahir dari sebuah keluarga Yahudi. Ayahnya yang bernama Mikhail Brin dan ibunya Evgenia Brin (née Krasnokutskaya) adalah ahli matematika lulusan Moscow State University. Pada tahun 1979, ketika Brin berumur 6 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat.
Ayahnya, yang juga seorang profesor di departemen matematika University of Maryland berperan besar mengembangkan ketertarikan Brin pada matematika. Pada bulan September 1990, setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School, Brin diterima di University of Maryland, College Park.

Di sana ia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika, dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation. Ia menerima gelar masternya pada bulan Agustus 1995. Brin juga memiliki gelar MBA dari IE Business School.

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Google#:~:text=Google%20didirikan%20oleh%20Larry%20Page,pada%20tanggal%204%20September%201998.

https://about.google/intl/ALL_id/our-story/

https://bisnismuda.id/read/3188-safira-azahra/mengenal-sergey-brin-larry-page-tokoh-penting-yang-bikin-google