SPACETOON, ERA EMAS TAYANGAN ANAK INDONESIA

16/11/2023

Lebih dari kita lembut dan kecil

Aku mengerti mengapa pintar

Tiap hari belajar hal baru

Yang berguna bagi kita

Bon-bon adalah rumah kami

Di sana kami belajar untuk besar

Bon-bon kami datang, untuk raih cita-cita

Bahagia..

Siapa yang familiar dengan lirik lagu di atas? Kalau kawan pembaca merasa tak asing, selamat! Kita adalah bocah-bocah tahun 2000-an yang patut berterima kasih kepada stasiun televisi Spacetoon dengan slogan khasnya yang berbunyi Saluran Masa Depan. Berkat kehadiran Spacetoon, hari-hari kita menjadi menyenangkan, bukan? dari mulai menonton Honey Bee Hutch, Chibi Maruko-chan, sampai Hamtaro selepas pulang sekolah.

Spacetoon yang dikenal sebagai TV Anak Spacetoon adalah sebuah saluran televisi swasta di Indonesia yang pertama kali mengudara pada tanggal 24 Maret 2005 sebagai siaran terestrial. Pemilik Spacetoon adalah PT Anak Indonesia yang memegang hak lisensi Spacetoon International yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab.

Ketika stasiun TV Spacetoon  pada bulan Maret 2005 resmi mengudara, saya masih duduk di kelas dua SD. Hari itu, saya pulang sekolah sekitar pukul 10. Kebiasaan saya, sehabis pulang sekolah, adalah segera duduk di depan televisi sambil disuapi makan oleh Ibu. Namun, berbeda dengan hari itu. di depan Televisi, Bapak terlihat sibuk mengutak-atik remot televisi. Kata Ibu, Bapak sedang mencari sebuah Channel baru. Channel itu dijamin akan kusukai karena berisi tayangan kartun. Bapak ternyata tak sengaja melihat Channel baru itu di rumah tetangga ketika sedang jalan ke warung. Di tahun itu, ketika Channel Televisi terbatas, tentu membuat Bapak sadar kalau ada logo stasiun Televisi yang baru pertama ia lihat. Channel itu adalah Spacetoon.

Sejak hari itu, Spacetoon menjadi bahan obrolan anak-anak seusiaku kala itu. Di sekolah, anak-anak akan saling bertukar cerita mengenai kartun kesukaan yang mereka tonton. Dalam waktu sekejap, mereka sudah hafal segala nyanyian di tayangan Spacetoon. Berhubung Spacetoon memang dibuat khusus untuk tayangan anak, maka iklan-iklannya pun tak jauh-jauh dari dunia anak. Masih kuingat betul, tiap fragmen-fragmen tayangan yang hendak berganti akan didahului oleh sebuah iklan bergambar planet-planet unik. Sesuai dengan kategori tayangan. Ada kategori aksi, petualangan, komedi, Bon-bon, Zomoroda, Olahraga, ABC, Sains, dan Sejarah

Mendiang H. Sukoyo lah yang berjasa mendirikan TV Anak Spacetoon. Beliau adalah seorang mantan Perwira TNI AU dan pengusaha. Selain itu, H. Sukoyo pun ikut terlibat dalam perintisan TV7 sebelum akhirnya dibeli oleh Jakob Oetama dari Kompas Gramedia. Hasil penjualan TV7 itu lantas ia gunakan untuk kembali merintis sebuah stasiun televisi yang berfokus pada penyediaan program hiburan yang ramah terhadap anak.

Semenjak 8 tahun mengudara, pada tanggal 18 Mei 2013 siaran Spacetoon resmi berakhir di Indonesia. Hal itu ditengarai konflik berkepanjangan antara grup Spacetoon Indonesia yang dianggap sudah tak mendapat kepercayaan dari Spacetoon International, disusul pengakuisisian saham mayoritas PT Televisi Anak Spacetoon oleh Wishnutama dan mengubah PT Televisi Anak Spacetoon menjadi PT Net Mediatama Televisi

Entah kapan tayangan-tayangan ramah anak seperti yang digagas oleh Spacetoon akan kembali ke pertelevisian tanah air. Yang jelas, Spacetoon menjadi kenangan indah untuk saya sampai hari ini.

 

Agus Salim Maolana