Secret Invasion, Seandainya Ada “Selain Kita” Di Antara Kita?

03/08/2023

Pada hari rabu, 26 Juli 2023, serial terbaru Marvel yang terkoneksi langsung dengan Marvel Cinematis Universe berjudul Secret Invasion merilis episode ke-enamnya, sekaligus menjadi episode terakhir dari serial yang banyak menyorot bagaimana kehidupan seorang Kolonel Nicholas Joseph Fury atau yang lebih dikenal dengan nama Nick Fury, seorang Dirketur dari kelompok rahasia pemerintah bernama S.H.I.E.L.D (Strategic Homeland Intervention, Enforcement and Logistics Division)

Dalam kaitannya dengan S.H.I.E.L.D yang memiliki tugas untuk mengatasi ancaman makhluk asing terhadap bumi, serial Secret Invasion disebut-sebut sebagai oasis di tengah film atau serial Marvel yang tengah mengusung sebuah konsep Multi-semesta. Selain aksi-aksi spionase yang identik dilakukan oleh para anggota S.H.I.E.L.D, serial ini mengungkap sebuah fakta lain tentang ras makhluk asing yang memiliki kemampuan pengubah bentuk dan ahli meniru bernama Skrull. Maka dari itu tak salah rasanya jika Secret Invasion menjadi salah satu serial terbaik yang dikeluarkan oleh MCU.

 Selain sudah dikenal melalui kisah-kisahnya di komik Marvel, Skrull sendiri mulai diperkenalkan pertama kali di Layar lebar melalui Film “Captain Marvel”. Ketika itu, diceritakan bahwa bangsa Skrull berniat untuk menginvasi bumi. Namun karena satu dan lain hal, Nick Fury yang merupakan seorang petinggi S.H.I.E.L.D bersama Carrol Danvers yang merupakan Captain Marvel mampu membuat kesepakatan dengan ras asing tersebut. Kisah ini pula yang kembali digali di serial Secret Invasion.

Memang, tim MCU yang dipimpin oleh Kevin Feige terkenal ciamik dalam menghubungkan satu cerita dengan cerita lain, baik antara Film-Serial ataupun sebaliknya, membuat seluruh karya-karya mereka memiliki benang merah satu sama lain dan terjaga konektivitasnya.  Hal itu juga berlaku dalam serial Secret Invasion. Paling mencengangkan dan membuat banyak teori liar berseliweran adalah terkait banyaknya tokoh-tokoh penting dalam MCU yang dalam serial ini terbuka identitas aslinya, yakni seorang tokoh Skrull yang sudah sejak lama menyamar. Lalu ke mana tokoh-tokoh aslinya? Mereka diculik dan disekap di bawah sebuah area pembangkit nuklir, di mana tak ada seorang pun yang sadar bahwa sebenarnya Invasi bangsa Skrull sudah berlangsung sejak lama.

Satu tokoh yang paling mencuri perhatian tentu adalah Colonel James Rhodey alias War Machine yang sebenarnya sudah lama diculik, kemudian perannya diambil alih oleh seorang Skrull perempuan. Banyak teori yang mengatakan bahwa Rhodey telah diculik oleh Skrull sejak berakhirnya event Civil War jika dilihat dari pakaian yang dikenakan oleh Rhodey ketika ia dan agent Ross akhirnya diselamatkan oleh G’iah dari sekapan para Skrull yang berusaha menghancurkan kehidupan di bumi. Tentu menjadi sesuatu yang mengerikan ketika sebenarnya, orang-orang yang berada di sekitar kita maupun tokoh-tokoh penting dunia ternyata bukanlah diri mereka sendiri, melainkan sekelompok ras makhluk di luar bumi yang diam-diam tengah bersiap menghancurkan bumi dan segala tatanannya dari dalam.

Jika kita tarik ke belakang, tepatnya pada pertemuan publik pertama yang dilakukan oleh NASA guna membahas UFO setelah setahun sebelumnya merilis secara publik studi tentang penampakan langit yang tak dapat dijelaskan. Hal demikian tentu saja menjadi indikasi kuat bahwa bukan tidak mungkin, di masa yang akan datang, kita akan bersama-sama mengetahui bahwa memang di luar kehidupan manusia, masih begitu banyak misteri kehidupan lain yang akan terungkap, cepat maupun lambat.

Secret Invasion menjadi gambaran kemungkinan baru yang sangat bisa terjadi. Di antara manusia yang hidup di bumi, apakah ada selain kita di antara kita?