Berteman atau Berku-Kubu ?

17/02/2022

  

Berteman yaitu perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua pihak atau lebih. Dengan berteman, kita bisa mengenal orang yang tadinya kita tidak kenal atau bisa disebut dengan akrab. Berteman tidak harus memandang harta serta agama. Berteman itu saling melengkapi satu sama lain bukan memanfaatkan satu pihak.

   Dengan kita berteman, kita dapat bertukar informasi bersama mereka, bermain bersama, dan bercerita. Kita juga bisa memperbanyak relasi sehingga tidak sendirian terus-menerus. Saat kita sedih, kita bisa bercerita kepada mereka, mengungkapkan semua isi hati yang selalu dipendam sendirian kepada mereka. Dengan begitu kita akan merasa lega karena telah menyampaikan semuanya ke teman yang dipercaya tentunya.

   Kita bisa bersenang-senang bersama mereka, merencanakan liburan bersama agar menghilangkan stres dan penat. Jika ada tugas kita bisa bekerja sama, bertukar pikiran, bertanya sesuatu yang memang kita tidak tahu. Apalagi seperti kita memiliki teman yang banyak maka segala sesuatu akan lebih ramai dan mudah. Akan ada banyak yang melindungi kita, yang menyayangi kita selain keluarga.

Memilih teman itu harus hati-hati karena banyak di luar sana yang salah memilih teman dan malah menjerumuskan ke hal yang negatif.

   Namun tahukah kamu jika berteman dan berkubu-kubu itu berbeda?

   Berkubu-kubu merupakan perkumpulan dari pertemanan namun mereka telah memilah teman-teman terbaik mereka. Menurut saya tentang berteman tapi berkubu-kubu itu lumayan meresahkan, karena masing-masing kubu biasanya berbeda pendapat khususnya dikelas. Mereka merasa setiap kubu itu berbeda dan disebut saingan loh!

    Menurut penglihatan saya tentang teman-teman saya yang memiliki kasus serupa, mereka selalu membanding bandingkan diri mereka sendiri dengan teman- teman yang lain agar merasa menang dan tidak mau tersaingi. Dia bersama teman-temannya juga sering menyindir kepada saya maupun teman- teman saya. Menyindir dengan omongan yang mungkin menurut mereka sepele tapi menurut saya itu membuat saya dan teman saya merasakan sakit hati. Mereka juga sering membicarakan saya dan teman saya yang di luar fakta sehingga itu mengganggu.

   Mereka akan sering mengatakan "Sorry, gak ngerti soalnya beda kubu". Menurut saya, itu sangat mengganggu karena terlalu sarkasme. Setiap kubu ingin merasa benar dan menang di semua situasi.

   Bahkan ada dari beberapa kubu yang menganggap remeh seseorang karena mereka merasa paling luhur. Mereka akan mulai menyudutkan seseorang karena merasa tidak pantas dekat dengan mereka dan akhirnya membuat seseorang takut untuk berteman.

   Jadi berteman itu harus tetapi kita harus memilahnya dengan baik, jangan sampai berkubu-kubu karena kita adalah manusia yang akan selalu bergantung satu sama lain. Jangan anggap remeh seseorang karena kita tidak tahu kelebihan mereka seperti apa. Bisa jadi orang yang kita anggap remeh adalah orang yang jauh lebih baik daripada kita. So, be smart yaa readers!!!

 

 

Nazzwa Nur Fitria lahir di Tasikmalaya, 14 November 2003. Dia merupakan Putri dari Idat Soegiarto dan Henhen Hendrayati. Saat ini dia bersekolah di sekolah ternama di Tasikmalaya yaitu SMAN 1 Tasikmalaya, tepatnya di kelas 12 IPS 4. Dia  pernah mengikuti salah satu organisasi yaitu PK(Perwakilan Kelas).