TASIK CREATIVE CENTRE, Semoga Tak Lekas Menjadi Angin Lalu

22/02/2023

Warga Kota Tasikmalaya haruslah merasa bangga dan senang di penghujung bulan Februari ini. Sebab, setelah sekian lama menunggu, fasilitas ruang kreatif yang diberi nama “Tasik Creative Centre” telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil pada Hari Selasa, 21 Februari 2023. Gedung “Tasik Creative Centre” ini nantinya akan menjadi ruang rekreatif sekaligus edukatif yang membersamai para pegiat kesenian untuk mengaktualisasikan berbagai gagasan dan ide, yang pada akhirnya menjadi pupuk bagi pemajuan kehidupan warga Kota Tasikmalaya dalam hal kreativitas.

Guyuran hujan sore hari tak menghalangi antusiasme warga yang hadir di acara peresmian Gedung TCC ini, pun demikian dengan Bapak Ridwan Kamil yang terlihat begitu bersemangat dalam sambutannya.

“Kalau anak muda di Indonesia kreatif seperti anak muda di Tasikmalaya, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar, bangsa yang mampu bersaing dengan negara-negara lain.”

Begitulah kira-kira yang diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat itu. Satu hal yang menarik untuk disimak dari pernyataan Pak RK adalah satu bagaimana anak muda harus terus diberi kesibukan yang bernilai positif, dengan begitu anak muda akan kehabisan waktu untuk mengenal pergaulan-pergaulan bebas. Syaratnya, pemerintah juga lah yang harus menyokong dengan berbagai macam fasilitas.

Kota Tasikmalaya sendiri banyak menggelar kegiatan kesenian, kebudayaan, dan kegiatan-kegiatan lain yang mengusung lokalitas Tasikmalaya secara kolaboratif dan inklusif. Dimotori oleh anak-anak muda, geliat Kota Tasikmalaya tampak menuju ke arah yang seharusnya. Diikuti oleh sektor Ekonomi Kreatif yang semakin mudah diakses, tak salah jikalau Tasikmalaya akan mampu menjadi kota percontohan bagi kota-kota lain dalam hal kreativitas.

Namun, peresmian TCC ini pun bukan tanpa kekhawatiran. Pengelolaan yang baik dan berkelanjutan harus juga dipikirkan agar nantinya, penggunaan TCC memiliki regulasi yang jelas dan tak dimanfaatkan hanya oleh segelintir kelompok. Maka dari itu, kerja-kerja kolaboratif sudah semestinya dilakukan oleh berbagai lintas komunitas agar tumbuh rasa memiliki secara bersama. Hal ini penting demi menghindarkan singgungan antar kelompok.

Peresmian “Tasik Creative Centre” ini juga sekaligus mengawali rangkaian kegiatan Jabar Ekraf Summit Chapter Tasikmalaya yang berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 27 Februari 2023. Menginisiasi konsep pameran, kegiatan ini menampilkan 17 sub sektor ekraf Tasikmalaya, dari mulai screening film karya sineas Tasikmalaya, pameran lukisan, hingga potensi-potensi lain yang ada di Kota Tasikmalaya.

Semoga, TCC ini tak hanya menjadi monumen seremonial semata, namun lebih dari itu menjadi jalan selanjutnya bagi pemajuan ekonomi kreatif di Kota Tasikmalaya.

 

Agus Salim Maolana.