“Semantic Decoder” AI yang Dapat Mengubah Pikiran Menjadi Sebuah Teks

22/06/2023

Para peneliti di The University of Texas di Austin telah mengembangkan alat kecerdasan buatan yang dikenal sebagai "Semantic Decoder" yang mengubah aktivitas otak menjadi aliran teks yang berkelanjutan.

Menurut laporan dari SciTechDaily, sistem AI Semantic Decoder dilatih dengan meminta peserta mendengarkan podcast selama berjam-jam sementara otak mereka dipindai menggunakan teknologi pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI).

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Neuroscience . Sistem kecerdasan buatan baru ini dapat menerjemahkan aktivitas otak seseorang — sambil mendengarkan cerita atau membayangkan diam-diam sebuah cerita — menjadi aliran teks yang berkelanjutan. Sistem ini dapat membantu orang-orang yang sadar mental namun tidak dapat berbicara secara fisik, seperti mereka yang lemah karena stroke, untuk berkomunikasi kembali dengan jelas.

Studi ini diterbitkan pada 1 Mei di jurnal Nature Neuroscience , dipimpin oleh Jerry Tang, seorang mahasiswa doktoral dalam ilmu komputer, dan Alex Huth, asisten profesor ilmu saraf dan ilmu komputer di UT Austin. 

"Untuk metode non-invasif, ini merupakan lompatan nyata dibandingkan dengan apa yang telah dilakukan sebelumnya, yang biasanya berupa kata tunggal atau kalimat pendek," kata Huth. “Kami mendapatkan model untuk memecahkan kode bahasa berkelanjutan untuk waktu yang lama dengan ide yang rumit.”

Hasilnya bukan transkrip kata demi kata. Sebaliknya, para peneliti merancangnya untuk menangkap inti dari apa yang dikatakan atau dipikirkan, meskipun tidak sempurna. Ketika ketika dekoder dilatih untuk memantau aktivitas otak peserta, mesin menghasilkan teks yang sangat mirip (dan terkadang tepat) sesuai dengan arti yang dimaksudkan dari kata aslinya.

Misalnya, dalam eksperimen, seorang peserta yang mendengarkan kata-kata, "Saya belum memiliki SIM." Diterjemahkan sebagai, "Dia bahkan belum mulai belajar mengemudi." Mendengarkan kata-kata, “Saya tidak tahu apakah harus berteriak, menangis atau melarikan diri. Sebaliknya, saya berkata, ‘Tinggalkan aku sendiri!’” diterjemahkan sebagai, “Mulai menjerit dan menangis, dan kemudian dia hanya berkata, 'Aku menyuruhmu meninggalkan aku sendiri.'”

Seperti semua hal yang berkaitan dengan AI, masalah kehawatiran penyalahgunaan sangat banyak dengan teknologi baru ini. Namun, Para peneliti pun merespons dan menjelaskan bahwa memang kehawatiran itu ada dan teknologi ini dapat digunakan untuk tujuan yang buruk, namun para peneliti siap bekerja untuk menghindari hal-hal yang dapat disalahguanakan.

"Kami menganggap sangat serius kekhawatiran bahwa itu dapat digunakan untuk tujuan yang buruk dan telah bekerja untuk menghindarinya," kata Tang. “Kami ingin memastikan orang hanya menggunakan jenis teknologi ini saat mereka menginginkannya dan itu membantu mereka.”

 

Sumber :

https://www.nature.com/articles/s41593-023-01304-9

https://scitechdaily.com/not-science-fiction-brain-activity-decoder-transforms-thoughts-into-text/?expand_article=1

https://allthatsinteresting.com/ai-brain-decoder

 

Langgam Pustaka