EB White: Seorang Pendiam dan Penakut yang Menghasilkan Karya Besar

11/07/2023

"Aku tidak pernah menyukai nama Elwyn. Alasan ibuku memberi nama itu karena dia sudah kehabisan nama," katanya kepada The New York Times pada 1980.

"Aku adalah anak keenamnya."

White lahir pada 11 Juli 1899, di Mount Vernon, New York. Orang tuanya menamainya Elwyn Brooks White, tapi dia tidak menyukai nama itu.

White adalah seorang anak pendiam dan penakut yang tidak menikmati sekolah, dia lebih suka bermain dan bersahabat dengan hewan. Dia memelihara anak ayam, kadal, dan merpati saat masih kecil. 

Pada akhir tahun 1930-an, White dan keluarganya menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah pertanian mereka di Maine. Suatu hari, White melihat seekor laba-laba sedang memutar kantung telur di lumbungnya di Maine. Peristiwa itu merupakan inspirasi untuk karyanya yang paling terkenal, Charlotte's Web (1952), tentang persahabatan antara seekor laba-laba bernama Charlotte dan Wilbur si babi.

Charlotte's Web menjadi kenangan indah tentang masa kecil White di gudang, mencari hiburan di antara teman-temannya, para hewan. “Gudang itu sangat besar,” tulisnya. “Itu sangat tua. Bau jerami dan bau kotoran ternak. Baunya seperti keringat kuda-kuda yang lelah dan napas manis yang indah dari sapi-sapi yang sabar. Itu sangat menenangkan—seolah-olah tidak ada hal buruk yang bisa terjadi lagi di dunia ini.”

Charlotte's Web diterbitkan pada tahun 1952 dan memenangkan Newbery Honor dari American Library Association. Buku tersebut menjadi favorit di kalangan anak-anak, menjadi peringkat nomor satu dalam jajak pendapat pembaca muda. 

Selain buku Charlotte's Web, dua karyanya lagi yang terkenal sebagai karya sastra anak-anak adalah Stuart Little (1945) sebagai buku pertamanya dan The Trumpet of the Swan (1970) sebagai buku ketiga.

Meskipun White dikenal karena karyanya untuk anak-anak, dia juga terus menulis untuk orang dewasa. Sastra klasiknya Here Is New York , diterbitkan sebagai esai pada tahun 1948 sebelum dicetak ulang dalam bentuk buku pada tahun berikutnya. White juga menulis banyak puisi dan esai selama hidupnya, kumpulan esainya keluar pada tahun 1977. Pada tahun yang sama, istri White meninggal dunia. Dia sangat terpukul atas kepergian istrinya itu.

Pada tanggal 1 Oktober 1985, White meninggal di rumahnya di North Brooklin, Maine. Dia berusia 86 tahun dan, menurut The New York Times, dia menderita penyakit Alzheimer. White meninggalkan putranya, Joel, anak tirinya, Roger Angell dan Nancy Stableford serta banyak cucu dan cicit.

Penghargaan dan Kehormatan:

 

Sumber:

https://www.biography.com/authors-writers/eb-white

https://storywarren.com/he-loved-the-world-a-short-biography-of-e-b-white/

https://id.wikipedia.org/wiki/E._B._White#Penghargaan_dan_kehormatan