26 Juli 1893: Mengenang Karya-Karya George Grosz

26/07/2023

George Grosz adalah seorang pelukis Jerman yang lahir pada tanggal 26 Juli 1893 di Berlin, Jerman. Karya pertama yang ia buat adalah mengilustrasikan adegan tentara dan karakter dari buku favoritnya. Setelah dikeluarkan dari sekolah menengah, Grosz mendaftar di Akademi Seni Dresden pada tahun 1908 dan lulus pada tahun 1911. Dia kembali ke Berlin sesudahnya dan melanjutkan melukis.

Grosz selanjutnya belajar di Kunstgewerbeschule dan Academie Colarossi. Setelah bertugas sebentar di Perang Dunia Pertama, Grosz diberhentikan dari tentara, dan dia terus melukis, dipengaruhi oleh pengalaman perangnya. Pada tahun 1919, ia menjual lukisan pertamanya dan mengadakan pameran tunggal pertamanya pada tahun berikutnya. Selama periode ini, Grosz melukis karya satir yang membahas masalah dan tokoh politik.

Selama tahun-tahun terakhirnya, Grosz bekerja sebagai instruktur seni di beberapa institusi bergengsi, seperti Liga Mahasiswa Seni, Sekolah Seni Skowhegan, dan Universitas Columbia. Dia juga membuka kembali sekolah seni swasta yang dia dirikan dan tutup sebelumnya pada tahun 1937. Dia meninggal pada tanggal 6 Juli 1959 di Berlin, Jerman, setelah jatuh dari tangga.

Kenapa Seorang George Grosz Bisa Terkenal?

George Grosz dikenal karena melukis karya-karya satir yang menantang isu-isu sosial politik. Meski terus-menerus mendapat masalah karena karyanya, Grosz terus menciptakan karya-karya tersebut dan menerbitkannya di publikasi terkenal. Namun, selama tahun-tahun terakhirnya, Grosz meninggalkan tema politik dan lebih banyak melukis lanskap dan seni romantis.

Karya Seni George Grosz

Di bawah ini adalah beberapa karya seni George Grosz yang terkenal:

 

Pesta Pora

 

Orang Itu Baik

 

Kurungan

 

Wiski

 

Sumber:

https://brierhillgallery.com/george-grosz-

https://id.wikipedia.org/wiki/George_Grosz

https://www.museothyssen.org/en/collection/artists/grosz-george