The Marvels Resmi Tayang, Pintu X-Men Bergabung MCU Terbuka Lebar

09/11/2023

Marvel Cinematic Universe kembali merilis film teranyar mereka yang juga sekaligus menjadi film terakhir MCU di tahun 2023. Dibintangi oleh Brie Larson, Teyonah Parris, Iman Vellani, dan sederet bintang papan atas lainnya, film ini tayang dengan judul The Marvels dengan durasi 1 jam 45 menit.

The Marvel adalah sekuel dari film sebelumnya berjudul Captain Marvel yang tayang pada tahun 2019. Captain Marvel sendiri adalah salah satu karakter ikonik yang eksis di semesta MCU dan pertama kali dikenalkan di dalam film lewat film Avengers: Endgame. Di film terbarunya, Carol Denvers alias Captain Marvel yang memiliki kekuatan kosmik harus bekerja sama dengan Kamala Khan alias Ms. Marvels dan Monica Rambeau. Karakter Kamala Khan sebelumnya telah lebih dulu muncul di serial Ms. Marvels, sedangkan Monica Rambeau harus lebih lama menunggu untuk kembali karena terakhir kehadirannya adalah di serial WandaVision 2021 silam.

Film ini secara langsung terhubung dengan ending serial Ms. Marvels di mana ketika Kamala Khan tengah menggunakan kekuatannya, secara tak sengaja malah membuatnya bertukar tempat dengan Carol Denvers alias Captain Marvel. Selain itu, film ini juga menjelaskan kelanjutan nasib Monica Rambeau yang mendapatkan kekuatan dari kejadian di serail Wandavision. Sebenarnya, Monica Rambeau adalah anak dari Maria Rambeau, sahabat dari Carol Denvers.

Bukan MCU namanya kalau tidak memberikan kejutan di film-film atau serialnya. Pasalnya, banyak tersiar kabar kalau dalam film The Marvels ini, MCU kembali memberikan Fans Service dengan menghadirkan salah satu karakter pahlawan lainnya. Namun menariknya, sosok pahlawan yang ditampilkan bukanlah karakter yang berada di garis waktu utama MCU, melainkan karakter yang eksis di garis waktu dan semesta X-Men yang lebih dulu telah dibangun sejak tahun 2000. Hal ini menjadi masuk akal setelah akhirnya 20th Century Fox kembali berhasil diakuisisi oleh Disney sehingga membuat para Fans bisa menyaksikan kelompok-kelompok superhero yang berasal dari lintas semesta berada dalam satu film. Apalagi setelah serial Ms. Marvels tayang yang secara resmi mengenalkan bahwa Kamala Khan alias Ms. Marvels adalah mutan hybrid pertama yang eksis di MCU.

Nampaknya, Kevin Feige selaku Presiden Marvel Studios benar-benar sudah memikirkan betul nasib masa depan semesta MCU. Ia sadar, bahwa kehilangan origin six Avengers akan membuat sedikit banyaknya film-film MCU menjadi lesu dan kehilangan karisma. Maka dari itu, tepat rasanya jika di masa depan, MCU akan dipenuhi oleh kelompok superhero yang sebelumnya sudah lebih dulu eksis, seperti X-Men dan Fantastic Four. Baru-baru ini, Kevin Feige juga mengkonfirmasi bahwa setiap film maupun serial yang berada di luar MCU adalah film dan serial yang canon dengan semesta MCU. Aritnya, selama kontruksi film dibangun dengan kuat, karakter-karakter di luar MCU itu berpotensi muncul dalam film-film MCU. Buktinya, kita sudah disuguhi beberapa karakter yang memang muncul di film MCU walaupun sebelumnya berada di luar semesta MCU, seperti Daredevil, Kingpin, Spider-man Andrew dan Tobey, hingga kelompok penjaga multiverse, yakni The Iluminati.

Fakta-fakta di atas tambah diperkuat oleh serial Loki Season 2 yang Jumat besok akan merilis episode terakhirnya. Bagaimana tidak, dalam Serial Loki season 2, dijelaskan bagaimana Loki yang berada di TVA tengah berjuang mati-matian memperbaiki garis waktu yang semakin kacau. Kekacauan garis waktu itu dimulai saat tim Avengers berusaha kembali ke masa lalu di film Endgame. Sebenarnya, kejadian di mana Avengers kembali ke masa lalu memang sudah sepatutnya terjadi. Namun, hal yang tidak seharusnya terjadi adalah ketika Loki yang telah ditangkap pasca Battle of Newyork mengambil Tesseract lalu kemudian menghilang. Setelah Loki menghilang, baru kemudian dijelaskan di serial Loki season 1 bahwa Loki terlempar ke sebuah garis waktu yang berada di luar garis waktu utama. Hal itu membuat Loki ditangkap oleh pasukan TVA. Kekacauan garis waktu itu membuat Loki sadar bahwa ternyata, di luar garis waktu hidupnya, terdapat ribuan garis waktu lain yang apabila tidak diperbaiki berpotensi memicu kembali Multiversal War.

Saya yakin, MCU di masa depan tidak akan kehilangan pasarnya. Justru, mereka tengah menyiapkan sebuah konsep film superhero yang lebih besar dan layak ditunggu.