Oscar Wilde: Penulis yang Penuh Sensasi

01/09/2023

Oscar Fingal O'Flahertie Wills Wilde, adalah seorang penulis yang sangat brilian. Warisan terkenal Oscar Wilde meliputi esai, drama, dan novel. Wilde adalah sosok yang luar biasa pada masanya, ia kini dianggap sebagai salah satu produser sastra Irlandia terbesar. Berikut beberapa fakta mengenai kehidupan dan kehadiran sastra Oscar Wilde.

  1. Lahir di Tempat yang Sekarang Menjadi Trinity College.

Oscar Wilde lahir pada 16 Oktober 1854 di Dublin , Irlandia. Dia adalah putra Sir William Wilde dan penulis Jane Wilde dan anak kedua dari tiga bersaudara. Oscar Wilde lahir di 21 Westland Row, yang saat ini menjadi milik Trinity College Dublin. Saat ini, tempat kelahiran Oscar Wilde adalah Oscar Wilde Center di Trinity College, yang menampung departemen penulisan dan penulisan kreatif Irlandia untuk School of English.

  1. Kedua Orangtuanya Adalah penyair dan Penulis Hebat.

Ayahnya, Sir William Wilde, adalah ahli bedah telinga dan mata terkemuka di Irlandia, yang juga menerbitkan buku tentang arkeologi, cerita rakyat, dan satiris Jonathan Swift . Ibunya, yang menulis dengan nama Speranza, adalah seorang penyair revolusioner dan ahli dalam mitos dan cerita rakyat Celtic.

  1. Istrinya Juga Seorang Penulis

Oscar Wilde menikah dengan Constance Lloyd. Constance mengasuh dua putra Wilde, dan juga seorang penulis cerita anak-anak yang ulung. Pada tahun 1888, Constance Lloyd menerbitkan kumpulan cerita pendek berjudul There Was Once.

  1. Hanya Menulis Satu Novel

Meski punya reputasi sebagai penulis, Oscar Wilde hanya menerbitkan satu novel sepanjang hidupnya. The Picture of Dorian Gray mendapat ulasan kritis karena dekadensi dan konten homoerotiknya. Saat ini, novel tersebut diajarkan secara luas di sekolah-sekolah dan dihormati karena dedikasinya terhadap gerakan estetika abad kesembilan belas.

  1. Menulis Lebih dari Sekadar Karya Estetika

Berpendidikan tinggi dari Trinity College dan Oxford, Wilde sangat tertarik pada politik dan merupakan pendukung sosialisme. Esainya , The Soul of Man Under Socialism, membahas tentang kapitalisme yang menghancurkan kreativitas, karena masyarakat begitu fokus pada penyelesaian masalah-masalah sosial yang disebabkan oleh kapitalisme.

  1. Penulis Buku Anak-Anak yang Berprestasi

Dengan dua orang anak, Oscar Wilde juga seorang penulis buku anak-anak yang ulung. Kumpulan cerita pendeknya The Happy Prince and Other Tales diterbitkan pada bulan Mei 1888. Koleksi ini memuat cerita-cerita populer seperti The Happy Prince, The Nightingale and the Rose, dan the Selfish Giant.

  1. Sangat Terpelajar

Oscar Wilde kuliah di Trinity College di Dublin dari tahun 1871-1874. Dia adalah seorang sarjana berprestasi dan peserta setia di University Philosophical Society. Profesornya mendorong dia untuk mengajukan demiship di Universitas Oxford, yang dia menangkan dan pelajari di Magdalen College di universitas tersebut. Wilde juga memimpin ceramah di Amerika dan Kanada .

  1. Seorang Ahli Bahasa yang Mengesankan

Setelah mempelajari bahasa Yunani selama hampir sembilan tahun, Oscar Wilde adalah seorang ahli bahasa yang luar biasa dan berbicara banyak bahasa. Dia fasih berbahasa Inggris, Jerman, Prancis dan memiliki pengetahuan bahasa Italia dan Yunani. Sebaliknya, dia tidak bisa berbicara satu kata pun dalam bahasa Irlandia.

  1. Menulis Esai Bahkan di Penjara

Meskipun kondisi penjara Oscar Wilde sangat buruk, dia terus menulis dengan sangat baik; menulis banyak surat kepada Sir Alfred Douglas dan esai penting yang merinci pemenjaraannya berjudul The Battle of Reading Gaol. Di sini, dia secara terbuka merinci beberapa kondisi keras yang dialaminya selama dua tahun penjara.

  1. Seorang Homoseksual

Di samping karya-karya sastra, Wilde terkenal dengan pengadilan sensasional yang membuatnya dihukum dua tahun kerja paksa karena tindakan homoseksual.

Dapatkan kaos dan aksesoris menarik bertema Oscar Wilde di sini: https://www.langgampustaka.com/produk/sandang/


Sumber:

https://www.amazine.co/28224/siapakah-oscar-wilde-kisah-penulis-kontroversial-irlandia/ 

https://www.britannica.com/biography/Oscar-Wilde

https://www.poetryfoundation.org/poets/oscar-wilde