MESSI DAN WAJAH LAIN ARGENTINA

31/10/2023

            Theatre du Chatelet, Paris, Perancis menjadi saksi kesuksesan baru seorang Mega bintang sepak bola, Lionel Messi. Pada Selasa dini hari WIB, Lionel Messi sukses meraih kembali penghargaan Ballon d’Or 2023 sekaligus mencatatkan diri sebagai seorang pesepakbola pertama dalam sejarah yang berhasil memenangi delapan penghargaan bola emas dalam karirnya sejak pertama kali didapat pada tahun 2009.

            Penghargaan Ballon d’Or adalah sebuah penghargaan sepak bola tahunan yang pertama kali digagas oleh penulis majalah Franch Football, Gabriel Hanot pada tahun 1956. Awalnya, Hanot hanya meminta rekan-rekannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa. Aturan ini bertahan hingga tahun 1995 yang membuat pemain-pemain legendaris non eropa seperti Diego Maradona dan Pele tidak sempat mencicipi penghargaan bergengsi ini. Penghargaan ini jadi semakin bergengsi setelah pada tahun 2010 Ballon d’Or disatukan dengan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Namun pada tahun 2016, Ballon d’Or resmi kembali menjadi milik majalah Franch Football setelah kontrak dengan FIFA tidak diperpanjang.

            Kembali pada sosok Lionel Messi, yang oleh seorang Johan Cruyff disebut sebagai harta karun bagi dunia sepak bola, Messi adalah panutan untuk anak-anak di seluruh dunia dan akan menjadi pemain dengan gelar Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah. Benar saja, malam tadi Messi memang benar-benar membuktikan perkataan legenda Barcelona tersebut. Bahkan, pujian lebih luar biasa diungkapkan oleh seorang mantan pemain dan pelatih kawakan Real Madrid, Zinedine Zidane, “Dia bisa membuat perbedaan hampir sepanjang waktu. Secara khusus, dia selalu pergi ke depan. Dia tidak pernah melewati bola ke belakang atau ke samping. Dia hanya memiliki satu ide, untuk berjalan ke arah gawang.ucapnya dalam salah satu kesempatan.

            Kita, bahkan mungkin seluruh penggemar sepak bola di dunia benar-benar akan kesulitan untuk menggambarkan kehebatan seorang Lionel Messi ketika menari di atas lapangan. Tak ada yang mengetahui dengan pasti apa rahasia di balik keganasan seorang Lionel Messi selain dirinya sendiri. kekuatannya, kelihaiannya, dan kelicikannya dalam mengelabui lawan-lawannya di atas lapangan layak menjadikannya sebagai seorang Raja, bahkan Dewa dalam sepak bola. Tak ada yang benar-benar menyentuh levelnya. Messi berada dalam kapasitas yang lain.

            Mengutip apa yang dikatakan Johan Cruyff bahwa Messi adalah panutan bagi anak-anak di seluruh dunia, khususnya masyarakat Argentina yang sejak tahun lalu tengah dilanda krisis ekonomi karena inflasi Argentina yang meroket 88% pada Oktober 2022 dan menjadi yang tertinggi di dunia. Nilai mata uang argentina terus tergerus di hadapan Dollar AS hingga 70% sejak awal tahun 2022, bahkan sudah naik 865% sejak lima tahun terakhir. Inflasi ini mengakibatkan empat dari sepuluh warga Argentina hidup di bawah garis kemiskinan. Belum lagi, rasio utang terhadap produk domestik bruto negara Argentina sempat mencapai 80,5% pada 2021.

Maka tak berlebihan rasanya saat mengatakan Messi benar-benar menjadi pahlawan rakyat Argentina ketika berhasil membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 setelah di pertandingan final mengalahkan Prancis dengan skor 3-2. Beban berat yang ia pikul di Timnas Argentina berhasil ia emban. Pasca mengangkat Piala, lewat akun Instagramnya Messi menuliskan pesan menyentuh untuk seluruh rakyat Argentina, begini tulisnya

“JUARA DUNIA!!!!!! Saya sudah berulang kali memimpikan ini. Saya begitu menginginkan ini sampai-sampai saya belum terjatuh, tak bisa dipercaya. Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada keluarga saya, kepada semua yang mendukung saya, dan semua yang percaya pada kami. Sekali lagi kami menunjukkan bahwa Argentina, saat kita berjuang bersama dan bersatu, mampu mencapai apa yang sudah kita usahakan. Kemenangan ini milik skuad ini, di atas individualitas, ini adalah kekuatan dari semua yang memperjuangkan mimpi yang sama yang juga merupakan mimpi semua rakyat Argentina. Kita berhasil! Ayo Argentina! Kita akan segera berjumpa”

Pesan menyentuh tersebut tentu disambut oleh seluruh rakyat Argentina dengan gegap gempita. Di seluruh penjuru negeri, perasaan haru dan suka cita menyeruak, menunggu kepulangan sang penyelamat. Messi akan selalu menjadi embun penyejuk di tengah terpuruknya politik dan ekonomi Argentina.